Tampang

Manfaat Ganti Oli Rutin untuk Mesin Kendaraan Bermotor

23 Mei 2024 11:15 wib. 81
0 0
Manfaat Ganti Oli Rutin
Sumber foto: Google

 4. Memperpanjang Umur Mesin
Komponen mesin yang selalu dilumasi dengan baik akan memiliki umur pakai yang lebih panjang. Gesekan yang minim serta pelumas yang bersih akan mencegah komponen mesin dari kerusakan dini dan keausan yang cepat. Dengan mengganti oli secara rutin, Anda turut menjaga kondisi mesin tetap prima dalam jangka waktu yang lebih lama, sehingga kendaraan Anda bisa digunakan lebih lama tanpa mengalami masalah berarti.

 5. Mencegah Penumpukan Endapan dan Korosi
Oli yang digunakan terlalu lama akan mulai terkontaminasi dan membentuk endapan serta korosi di dalam mesin. Endapan ini dapat menyumbat saluran oli dan menyebabkan kerusakan serius pada mesin. Pergantian oli secara rutin mencegah terbentuknya endapan tersebut dan menjaga kebersihan mesin dari dalam, serta mencegah korosi yang dapat merusak komponen mesin.

 6. Mengurangi Emisi Gas Buang
Oli mesin yang bersih membantu mesin beroperasi lebih efisien, yang berkontribusi pada pembakaran yang lebih sempurna. Dengan demikian, emisi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan Anda akan lebih sedikit dan lebih ramah lingkungan. Oli kotor, sebaliknya, dapat menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna, sehingga meningkatkan emisi berbahaya ke atmosfer.

 7. Deteksi Dini Masalah Mesin
Pergantian oli secara rutin juga memberikan kesempatan bagi teknisi untuk memeriksa kondisi mesin dan mendeteksi masalah-masalah potensial sebelum menjadi masalah besar. Selama proses penggantian oli, teknisi biasanya akan memeriksa kondisi oli lama dan melihat apakah ada tanda-tanda keausan atau kerusakan pada komponen mesin. Hal ini memungkinkan perbaikan dini yang dapat menghemat biaya perawatan jangka panjang.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%