Tampang

Apakah Perlu Mesin Motor Injeksi Dipanaskan Sebelum Digunakan?

1 Jun 2024 13:51 wib. 65
0 0
Mesin Injeksi

Masih ada sebagian orang yang meragukan apakah mesin motor injeksi modern saat ini perlu dipanaskan sebelum digunakan. Muncul anggapan bahwa mesin motor, tanpa terkecuali, harus dipanaskan terlebih dahulu sebelum dapat digunakan. Namun, di sisi lain, pendapat lain mengatakan bahwa perkembangan teknologi saat ini memungkinkan motor untuk langsung digunakan tanpa perlu proses pemanasan terlebih dahulu.

Agus Dimas, Staf Departemen Edukasi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), memberikan penjelasan mengenai hal ini. Menurutnya, mesin motor memang diperbolehkan untuk dipanaskan di pagi hari atau sebelum digunakan, dengan tujuan agar oli mesin dapat melumasi mesin secara maksimal sebelum motor digunakan. Saat mesin motor tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, oli mesinnya akan turun ke penampungan atau bak crankcase. Misalnya, jika motor tidak digunakan dari jam 5 sore hingga pagi hari, maka oli mesin akan turun semua ke bak oli mesin. Oleh karena itu, Agus menyarankan agar mesin motor perlu dipanaskan terlebih dahulu supaya oli mesin sudah bersirkulasi sebelum motor digunakan.

Namun, proses pemanasan mesin motor tidak boleh dilakukan terlalu lama, cukup 1 hingga 5 menit jika terlalu lama akan mengakibatkan lebih banyak bensin yang terbuang dan menjadi percuma.

Untuk menjawab pertanyaan apakah motor injeksi butuh dipanaskan sebelum digunakan, kita perlu memahami proses kerja mesin injeksi itu sendiri. Mesin injeksi modern telah dirancang untuk dapat bekerja secara optimal dengan kondisi mesin yang masih dingin, namun tetap memberikan performa yang baik. Hal ini berbeda dengan mesin karburator yang memerlukan pemanasan terlebih dahulu agar dapat bekerja dengan baik.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

pemuda islam
0 Suka, 0 Komentar, 14 Apr 2017
Pemilihan Presiden Kolombia akan Dimulai
0 Suka, 0 Komentar, 28 Mei 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%