Tampang

TNI Berhasil Rebut Wilayah Distrik Bibida Papua yang Dikuasai OPM

16 Jun 2024 16:32 wib. 45
0 0
TNI Berhasil Rebut Wilayah Distrik Bibida Papua yang Dikuasai OPM
Sumber foto: google

TNI berhasil merebut wilayah Distrik Bibida, Kabupaten Paniai, Papua Tengah, yang sebelumnya dikuasai Organisasi Papua Merdeka (OPM). Upaya ini merupakan tindak lanjut dari pengejaran kelompok OPM pimpinan Undius Kogoya. Diketahui, anggota OPM pimpinan Undius Kogoya merupakan pelaku dari penembakan dan pembakaran warga sipil bernama Rusli di Paniai, Papua Tengah, Selasa (11/6/2024).

Aparat Keamanan (APKAM) Gabungan berhasil memukul mundur anggota Undius Kogoya sampai ke arah Distrik Bibida bersamaan proses evakuasi jenazah Rusli."Selesai proses evakuasi berhasil dilakukan, TNI melanjutkan pengejaran terhadap kelompok OPM pimpinan Undius Kogoya sebagai pelaku penembakan dan pembakaran," ucap Richard.

Distrik Bibida, yang terletak di Kabupaten Keerom, Papua, telah lama menjadi pusat konflik antara pemerintah dan kelompok separatis OPM. Dikuasainya wilayah ini oleh OPM telah menyebabkan ketegangan dan ketakutan dalam masyarakat setempat. Namun, melalui operasi yang dilakukan dengan taktik yang cermat, TNI mampu merebut kembali wilayah tersebut dari genggaman OPM.

Kemenangan ini bukanlah hasil dari upaya militer semata, namun juga merupakan hasil dari pendekatan yang inklusif terhadap masyarakat setempat. TNI tidak hanya fokus pada aspek keamanan, namun juga turut serta dalam upaya pemberdayaan masyarakat dan pembangunan infrastruktur sehingga masyarakat dapat merasakan dampak positif dari kehadiran TNI di wilayah mereka.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Makanan Khas
0 Suka, 0 Komentar, 20 Mar 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%