Tampang

Suhartoyo Bertekad Ingin Mengembalikan Kepercayaan Publik ke Mahkamah Konstitusi

12 Apr 2024 21:01 wib. 1.354
0 0
mahkamah konstitusi

Suhartoyo, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), bertekad untuk mengembalikan kepercayaan publik terhadap Mahkamah Konstitusi. Kepedulian ini muncul setelah kasus pelanggaran etik yang melibatkan mantan Ketua MK, Anwar Usman, terkait dengan putusan MK Nomor 90/PUU-XXI/2023 yang mengubah syarat batas usia calon presiden dan wakil presiden. Putusan ini memberikan landasan bagi Gibran Rakabuming Raka untuk maju sebagai cawapres dalam Pilpres 2024.

Suhartoyo, yang terpilih melalui pemilihan musyawarah mufakat, menegaskan tekadnya untuk menjaga independensi hakim konstitusi serta MK. Dia menyadari bahwa memulihkan kepercayaan publik tidak akan mudah, tetapi akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengembalikan kepercayaan tersebut.

Suhartoyo mengungkapkan, "Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk memulihkan kepercayaan, meskipun kami menyadari hal tersebut tidak mudah dilakukan seperti membalik telapak tangan." Dia juga mengimbau agar semua pihak bersama-sama menjaga independensi MK dan hakim konstitusi, sehingga penegakan keadilan konstitusional dapat terwujud sesuai harapan bersama.

Dalam peryataannya, Suhartoyo menyatakan kerendahan hatinya. Dia memohon kepada publik dan masyarakat agar memberikan dukungan terbaiknya kepada MK, sehingga Mahkamah tersebut dapat bangkit kembali, bekerja lebih cepat, dan memenuhi harapan para pencari keadilan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Memahami Resistensi Antibiotik
0 Suka, 0 Komentar, 21 Agu 2017
Khasiat Alpukat
0 Suka, 0 Komentar, 5 Mei 2024

POLLING

Apakah DPR akan Merubah Aturan Pembagian Bansos?