Tampang

Sistem Pembayaran Jalan Tol Nir Sentuh Menjadi Proyek Strategis Nasional Tahun 2024

29 Mei 2024 19:41 wib. 315
0 0
Sistem Pembayaran Jalan Tol Nir Sentuh Menjadi Proyek Strategis Nasional Tahun 2024
Sumber foto: iStock

Sistem pembayaran jalan tol nir sentuh atau Multi Lande Free Flow (MLFF) telah ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) pada tahun 2024. Langkah strategis ini diresmikan melalui Peraturan Pemerintah (PP) No. 23 Tahun 2024 tentang Jalan Tol yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 20 Mei 2024, sebagai wujud percepatan implementasi MLFF.

Proses verifikasi dan validasi MLFF memang telah melalui serangkaian pembahasan yang sangat matang. Pokok pembahasan mengenai MLFF telah diuraikan dalam Pasal 67 tentang pengumpulan jalan tol atau penarikan dari pengguna jalan tol, sebagai upaya untuk memperjelas ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam implementasi MLFF.

Pada pasal 105 juga dijelaskan bahwa para pengguna jalan tol diwajibkan untuk mendaftarkan kendaraan mereka setelah sistem MLFF ini resmi diterapkan. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk memastikan keamanan dan kenyamanan dalam mengaplikasikan MLFF.

Tak hanya itu, sistem MLFF juga menjadi solusi terkait mobilitas transportasi di jalan tol, merangkul perkembangan teknologi yang semakin maju. Dengan MLFF, pengguna tol bisa langsung masuk gerbang tol tanpa perlu berhenti untuk menempelkan kartu uang elektronik atau e-toll. Penggunaan teknologi MLFF ini diharapkan mampu mengoptimalkan peningkatan efisiensi dan kualitas layanan jalan tol bagi masyarakat.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%