Tampang

Retno Marsudi Ingatkan Negara-Negara ASEAN Pentingnya Menghormati Hukum Internasional

26 Jul 2024 04:31 wib. 124
0 0
Retno Marsudi Ingatkan Negara-Negara ASEAN Pentingnya Menghormati Hukum Internasional
Sumber foto: google

   Poin selanjutnya yang disampaikan oleh Indonesia adalah tentang pentingnya dukungan ASEAN untuk Timor Leste dalam mengimplementasikan Peta Jalan menuju keanggotaan penuh ASEAN. Retno menyatakan komitmen Indonesia untuk memberikan bantuan pengembangan kapasitas sesuai kebutuhan Timor Leste. Indonesia juga menyarankan Sekretariat untuk membentuk suatu unit khusus yang didedikasikan untuk membantu Timor Leste dalam proses menjadi anggota penuh ASEAN.

   Selain dalam pertemuan pleno para Menteri Luar Negeri ASEAN membahas berbagai isu penting, antara lain perkembangan ASEAN Community Vision 2045, perkembangan Peta Jalan keanggotaan penuh Timor Leste untuk ASEAN, perkembangan aksesi TAC (Treaty of Amity and Cooperation), sentralitas dan kelembagaan ASEAN, ekonomi hijau, perubahan iklim, penguatan Sekretariat ASEAN, serta perkembangan kerja sama ASEAN dengan mitra wicaranya.

Pertemuan tersebut menjadi ajang penting bagi semua negara-negara anggota ASEAN untuk mempererat kerjasama dalam menghadapi berbagai tantangan global dan memastikan keamanan dan stabilitas di kawasan. Melalui pertemuan ini, Indonesia kembali menegaskan komitmennya untuk menjaga solidaritas dan kebersamaan dalam menghadapi permasalahan global, sehingga ASEAN dapat terus menjadi kekuatan yang mampu menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

https://www.google.co.id/search?q=membandingkan+diri+dengan+orang+lain&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiOhtax9pfYAhXIvo8KHenAC14Q_AUICigB&biw=1262&bih=781&dpr=0.75#img
0 Suka, 0 Komentar, 20 Des 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.