Tampang

Air Bersih Siap Minum Aliri IKN pada Akhir Juli 2024

25 Jul 2024 08:14 wib. 101
0 0
Air Bersih Siap Minum Aliri IKN pada Akhir Juli 2024
Sumber foto: google

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) telah mengumumkan bahwa air bersih siap minum telah mengalir ke IKN, ibu kota negara baru Indonesia yang sedang dibangun di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya di Kecamatan Sepaku, pada akhir Juli 2024.

Menurut Pelaksana tugas Kepala OIKN, Basuki Hadimuljono, tes pengaliran air pada sarana penyediaan air bersih sudah berhasil dilakukan tanpa kendala untuk mengalirkan air bersih ke Kota Nusantara. Pengujian tersebut dilakukan di Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA) Sepaku yang mengalirkan air menuju tempat penyediaan air bersih (reservoir) induk ibu kota negara baru Indonesia yang berada di titik tertinggi. Basuki Hadimuljono juga menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia.

Pada akhir Juli 2024, diharapkan sistem penyediaan air minum (SPAM) Sepaku sudah dapat beroperasi penuh untuk melayani air bersih persil dan gedung di Kota Nusantara. SPAM Sepaku terdiri dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) dengan kapasitas 300 liter per detik, pipa transmisi sepanjang 16 kilometer, reservoir, dan pipa distribusi sepanjang 22 kilometer.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.