Tampang

Proyek Mangkrak Terdahulu: Hambalang dan Jakarta Monorail yang Tak Dibereskan oleh Presiden Jokowi

23 Jun 2024 18:46 wib. 44
0 0
Proyek Mangkrak Terdahulu: Hambalang dan Jakarta Monorail yang Tak Dibereskan oleh Presiden Jokowi
Sumber foto: merdeka.com

Selama masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pembangunan infrastruktur menjadi salah satu fokus utama. Namun, di tengah aktifnya membangun proyek-proyek baru, ada beberapa proyek terdahulu yang ditinggalkan. Proyek-proyek tersebut tidak dilanjutkan oleh Jokowi dan menjadi mangkrak karena berbagai kendala. Dua di antaranya adalah Proyek Hambalang dan Jakarta Monorail.

Proyek Hambalang merupakan mega proyek yang dimulai pada tahun 2010 oleh pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dalam perencanaannya, proyek ini seharusnya berfungsi sebagai pusat pendidikan dan pelatihan olahraga bertaraf internasional. Proyek ini direncanakan untuk berdiri di atas lahan seluas 35 hektar dengan fasilitas seperti bangunan olahraga, asrama atlet, lapangan menembak, ekstrem sport, panggung terbuka, dan lapangan voli pasir.

Namun, selama pembangunannya, proyek Hambalang menjadi sorotan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena ditemukan adanya praktek korupsi yang melibatkan beberapa pihak terkait. Keterlibatan sejumlah pejabat dan politisi dalam skandal korupsi ini menyebabkan kerugian negara yang mencapai ratusan miliar rupiah. Akibatnya, proyek ini dihentikan dan menyisakan bangunan yang tak dilanjutkan.

Ketika Jokowi mulai menjabat sebagai Presiden pada tahun 2014, ia sempat mengunjungi lokasi proyek Hambalang. Pada tahun 2021, ada kabar mengenai niatan Jokowi untuk melanjutkan proyek ini. Namun, hingga kini belum ada perkembangan lebih lanjut terkait rencana tersebut.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%