Tampang

Prabowo Subianto Akan Merombak Skema Subsidi Energi Menjadi Uang Tunai

27 Sep 2024 11:38 wib. 31
0 0
Prabowo Subianto Akan Merombak Skema Subsidi Energi Menjadi Uang Tunai
Sumber foto: iStock

Selain itu, Burhanuddin juga menilai bahwa masyarakat miskin tidak mendapatkan manfaat signifikan dari subsidi BBM dan LPG. Pasalnya, mereka umumnya tidak memiliki kendaraan, sehingga subsidi BBM tidak relevan bagi mereka.

Orang-orang miskin tidak menerima, tidak mendapat keuntungan dari subsidi BBM. Mereka nggak dapat sepeda motor. Mereka beli gas tapi satu (LPG subsidi) melon ini untuk 2 minggu jadi kecil sekali. Jadi kalau begitu siapa yang sebetulnya menikmati subsidi itu?kata Burhanuddin.

Oleh karena itu, rencana perubahan skema subsidi ini bertujuan untuk memastikan bahwa bantuan benar-benar menyentuh masyarakat miskin, dengan memberikan subsidi dalam bentuk BLT yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka sehari-hari.

Kita kurangi subsidi tapi kita alihkan ke hal yang produktif. Itu artinya kita leverage pertumbuhan kita melalui pengurangan subsidi tersebut, katanya.

Dengan melihat kondisi tersebut, terdapat pertimbangan yang kuat untuk mengubah skema subsidi energi, sebagai tindakan nyata dalam memastikan bantuan pemerintah mencapai sasaran yang tepat. Ubahannya bertujuan untuk memastikan bahwa bantuan benar-benar menyentuh masyarakat miskin, dengan memberikan subsidi dalam bentuk BLT yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka sehari-hari. Dalam konteks ini, perubahan skema subsidi energi diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan kepada masyarakat khususnya yang berada dalam kondisi ekonomi yang kurang mampu.

Pengalaman di Kota Solo, Jawa Tengah, menjadi bukti yang nyata atas belum optimalnya penyaluran subsidi listrik kepada masyarakat ekonomi bawah. Dalam hal ini, terlihat bahwa bantuan subsidi dalam bentuk komoditas, belum sepenuhnya memberikan dampak yang nyata bagi mereka yang berhak menerimanya. Berdasarkan realitas tersebut, perubahan skema subsidi energi untuk dialihkan menjadi Bantuan Langsung Tunai (BLT) dirasa menjadi solusi yang lebih tepat dalam memastikan bantuan subsidi benar-benar mencapai sasaran yang diinginkan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Sakit Gigi
0 Suka, 0 Komentar, 26 Mar 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.