Tampang

Perusahaan Brunei Akan Bangun Jalur Kereta Api Trans-Borneo

3 Apr 2024 16:22 wib. 88
0 0
Ilustrasi kereta Cepat.
Sumber foto: Foto: AFP/CHARLY TRIBALLEAU

Brunergy Utama Sdn Bhd, perusahaan infrastruktur asal Brunei Darusallam, baru-baru ini mengumumkan rencana ambisius mereka untuk membangun jalur Kereta Api Trans-Borneo. Proyek infrastruktur ini dijadwalkan akan melintasi tiga negara, yaitu Brunei, Malaysia, dan Indonesia.

Jalur kereta api ini direncanakan akan membentang sepanjang 1.620 kilometer dan pembangunannya akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama akan menghubungkan kota-kota dari pesisir Barat hingga Pantai Timur, dimulai di Pontianak, Kalimantan Barat, dan berakhir di Kota Kinabalu, Sabah, yang merupakan kawasan fokus ekonomi. Menurut pernyataan dari Brunergy seperti yang dikutip dari Malay Mail, Rabu (3/4).

Sementara tahap kedua, jalur ini akan melintasi wilayah Indonesia, memulai perjalanannya dari Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan berakhir di Samarinda serta Ibu Kota Nusantara (IKN).

Brunergy juga merincikan bahwa jarak rerata antar stasiun kereta nantinya akan mencapai sekitar 150 kilometer, dengan kecepatan kereta mencapai 300-350 kilometer per jam. Dengan demikian, perkiraan waktu tempuh antar stasiun diperkirakan sekitar 30 menit.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Tampil Cantik Dengan Brokoli
0 Suka, 0 Komentar, 21 Mei 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?