Tampang

Jalan Teratur Meningkatkan Kesehatan dan Menurunkan Berat Badan

12 Jul 2024 13:10 wib. 181
0 0
Ilustrasi sekelompok orang yang sedang olahraga
Sumber foto: Goggle

Jalan kaki sudah terbukti menjadi olahraga yang mudah dilakukan dan efektif dalam menurunkan berat badan. Tanpa memerlukan peralatan khusus, olahraga ini tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan jantung, suasana hati, dan energi. Namun, seringkali orang melakukan beberapa kesalahan yang bisa menghambat upaya mereka dalam menurunkan berat badan melalui jalan kaki. Baik bagi pemula maupun pejalan kaki berpengalaman, mengetahui kesalahan-kesalahan ini penting agar hasil yang didapatkan dapat maksimal.

Tidak Berjalan Cukup

Salah satu kesalahan yang umum terjadi adalah kurangnya intensitas berjalan. Memang, berjalan kaki bisa membakar kalori, tetapi berjalan dengan santai beberapa kali seminggu saja tidak akan memberikan hasil yang diinginkan. Untuk menurunkan berat badan, sangat penting untuk memastikan bahwa kita berjalan dalam jarak dan waktu yang cukup untuk menciptakan defisit kalori yang diperlukan. Gunakan target 150 menit latihan intensitas sedang atau 75 menit latihan intensitas tinggi per minggu, capai sekitar 10.000 langkah per hari (sekitar 8 kilometer), dan tetap konsisten dalam melakukannya.

Tidak Meningkatkan Intensitas

Selain itu, kesalahan lain yang sering terjadi adalah kurangnya peningkatan intensitas dalam berjalan. Berjalan dengan kecepatan yang nyaman saja tidak akan memberikan hasil yang optimal dalam menurunkan berat badan. Penting untuk meningkatkan intensitas dengan menggunakan rompi berbobot atau ransel, menempuh medan yang menantang seperti bukit, meningkatkan kecepatan menjadi berjalan cepat, melakukan jalan interval, dan mengubah kecepatan serta tanjakan.

Melupakan Pemanasan dan Pendinginan

Pemanasan sebelum berjalan dan pendinginan setelah berjalan adalah hal penting yang sering diabaikan. Pemanasan selama lima hingga 10 menit sebelum berjalan dan pendinginan setelahnya dapat membantu mencegah cedera dan meningkatkan kinerja kita.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

kopi Spesialist
0 Suka, 0 Komentar, 27 Mei 2024
5 Tips Aman Berkendara Saat Mudik
0 Suka, 0 Komentar, 19 Jun 2017

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?