Tampang

Persiapan Menghadapi Ancaman Gempa Megathrust di Indonesia

5 Okt 2024 18:46 wib. 16
0 0
Persiapan Menghadapi Ancaman Gempa Megathrust di Indonesia
Sumber foto: iStock

Dalam sebuah wawancara dengan CNN Indonesia, Dwikorita menekankan bahwa isu mengenai potensi gempa megathrust bukanlah hal baru. Namun, pemerintah dan beberapa pakar berusaha mengingatkan masyarakat untuk segera melakukan langkah mitigasi, edukasi, persiapan, dan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana alam tersebut.

Pihak BMKG telah mempersiapkan diri dengan berbagai langkah antisipasi terkait dengan potensi gempa megathrust. Pertama, mereka telah menempatkan sensor-sensor sistem peringatan dini tsunami InaTEWS menghadap ke wilayah-wilayah berpotensi terkena gempa megathrust. Sensor-sensor ini merupakan bagian dari upaya untuk memitigasi dampak dari gempa megathrust.

Selain itu, BMKG juga aktif dalam edukasi masyarakat lokal dan internasional terkait dengan potensi gempa megathrust. Mereka mendampingi pemerintah daerah untuk menyiapkan berbagai infrastruktur mitigasi, seperti jalur evakuasi, sistem peringatan dini, hingga tempat perlindungan tsunami. Pihak BMKG juga terlibat dalam Indian Ocean Tsunami Information Center yang bertujuan untuk memberikan edukasi terhadap 25 negara di kawasan Samudra Hindia dalam menghadapi gempa dan tsunami.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.