Tampang

Peneliti Berhasil Merekam Cumi-cumi Langka Laut Dalam

18 Mei 2024 16:05 wib. 346
0 0
Cumi-cumi langka yang terekam kamera
Sumber foto: Schmidt Ocean Institute

Sebuah rekaman menakjubkan dari cumi-cumi laut dalam yang mengerikan berhasil diambil ketika makhluk itu tertangkap kamera berada hampir 1 km di bawah permukaan laut.

Makhluk yang teridentifikasi sebagai cumi-cumi laut dalam spesies Taningia danae, juga dikenal dengan sebutan cumi-cumi gurita Dana, terlihat di kedalaman sekitar 1 km. Rekaman spektakuler ini diambil dengan kamera berumpan oleh peneliti dari University of Western Australia (UWA) dan Kelpie Geosciences di Inggris.

Jess Kolbusz, peneliti di Pusat Penelitian Laut Dalam Minderoo-UWA, mengungkapkan bahwa cumi-cumi tersebut terekam di utara Samoa Passage, Pasifik Selatan. Kolbusz dan timnya memperkirakan panjang cumi-cumi itu sekitar 75 cm. Tempat terjadinya rekaman, yaitu jalur Samoa, merupakan salah satu palung samudera di tengah Pasifik, berdekatan dengan negara kepulauan Samoa dan Samoa Amerika. Peneliti menjatuhkan kamera berumpan ke dasar laut di utara kawasan ini untuk menarik perhatian kehidupan laut dan mengetahui spesies yang tersembunyi di kedalaman laut.

Menurut penjelasan Heather Stewart, seorang profesor di UWA dan anggota Kelpie Geosciences, cumi-cumi tersebut turun ke kamera dengan asumsi bahwa kamera itu adalah mangsanya, dan mencoba mengagetkannya dengan "lampu" dari tentakelnya. Cumi-cumi tersebut kemudian melingkarkan lengannya di sekitar salah satu kamera lain yang kemudian merekamnya dengan lebih detail.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

taqva
0 Suka, 0 Komentar, 11 Jun 2017
Ketupat Lebaran
0 Suka, 0 Komentar, 8 Apr 2024

POLLING

Apakah DPR akan Merubah Aturan Pembagian Bansos?