Tampang

Pakar Politik Membaca Sinyal Jokowi yang Ngotot Bangun IKN dengan Gelar Sidang Kabinet

5 Agu 2024 08:25 wib. 104
0 0
Pakar Politik Membaca Sinyal Jokowi yang Ngotot Bangun IKN dengan Gelar Sidang Kabinet
Sumber foto: Google

Sejumlah pengamat politik memperhatikan tanda-tanda dari Presiden Joko Widodo, atau yang akrab disapa Jokowi, yang ngotot terkait pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan rencana untuk menyelenggarakan sidang kabinet di sana. Meskipun demikian, pembangunan infrastruktur dasar di IKN untuk kantor pemerintahan masih memerlukan kelengkapan yang signifikan.

Pakar politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Siti Zuhro, menyatakan bahwa Jokowi ingin memastikan bahwa tidak ada perubahan terkait keinginannya untuk memindahkan aktivitas pemerintahan dari Jakarta ke IKN. "Karena itu, sidang kabinet juga akan dilaksanakan di sana, walaupun segalanya harus dipercepat," ujarnya pada Sabtu, 27 Juli 2024.

Siti juga mengaitkan rencana lama Jokowi untuk merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79 di IKN, walaupun masih terdapat pertanyaan dari publik mengenai ketidakjelasan mengenai tanggal pasti perpindahan ke IKN pada Agustus 2024.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, menilai bahwa Jokowi juga tidak ingin terkesan gagal dalam pembangunan IKN yang terhambat. "Oleh karena itu, Jokowi memberikan sinyal politik, bahwa ia secara konsisten membangun IKN," katanya.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?