Tampang

Pabrik Raksasa RI Siap Hasilkan Katoda Tembaga, Akan Diresmikan Jokowi

19 Sep 2024 08:27 wib. 31
0 0
Pabrik Raksasa RI Siap Hasilkan Katoda Tembaga, Akan Diresmikan Jokowi
Sumber foto: iStock

Akan diresmikan oleh Bapak Presiden Jokowi. Untuk di Freeport, konsentrat yang diambil dari Timika itu 3 juta ton, bebernya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, menilai bahwa pembangunan smelter Freeport Indonesia di lahan seluas 100 hektar adalah pencapaian yang luar biasa.

Proyek ini menunjukkan kemampuan dan komitmen Freeport Indonesia dalam mengembangkan industri pengolahan mineral di dalam negeri dengan skala yang sangat besar.

Alhamdulillah ini bagian dari perjanjian IUPK. Dan hasilnya hari ini ini paling hebat. Karena kita lihat 3-4 tahun lagi kedepan tidak ada yang bisa mampu membangun smelter seperti ini, di lahan 100 hektar di mana pun, ungkap Airlangga.

Menurut dia, pembangunan smelter Freeport di Gresik sudah tepat waktu, dan akan memberikan dampak signifikan bagi sektor hilirisasi industri di Indonesia.

Ini sebuah jumlah yang besar dan tentu hilirisasinya menjadi penting. Terutama untuk industri di power generation. Kemudian juga di electric mobility, perubahan dari Internal Combustion Engine (ICE) ke Electric Vehicle (EV), kata dia.

Setidaknya terdapat beberapa dampak positif yang ditimbulkan dengan adanya smelter ini. Beberapa di antaranya adalah:

Tenaga Kerja

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas mengungkapkan Smelter Manyar secara akumulasi menyerap sekitar 40.000 tenaga kerja selama proses konstruksinya. Setelah operasional, jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan memang akan lebih kecil.

Saat smelter beroperasi secara komersial, tenaga kerja yang dibutuhkan sekitar 2.000 orang. Adapun tenaga kerja diprioritaskan untuk warga lokal Gresik terlebih dulu. Untuk konstruksinya kumulatifnya mencapai 40 ribu tenaga kerja, ujar dia.

Potensi Investasi Baru

Pabrik smelter Freeport di Gresik ini memiliki potensi besar untuk mendorong investasi lanjutan di sektor hilir industri tembaga. Salah satu produk utama dari smelter ini adalah katoda tembaga.

Tony membeberkan bahwa pihaknya telah mendapatkan pembeli atau offtaker yang akan menyerap 100 ribu ton katoda tembaga per tahun dari smelter miliknya. Adapun pembeli tersebut yakni PT Hailiang Group yang merupakan tetangga mereka.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?