Tampang

Makanan yang Perlu Dihindari Pengidap Gagal Ginjal

22 Jul 2024 22:16 wib. 211
0 0
Makanan yang Perlu Dihindari Pengidap Gagal Ginjal
Sumber foto: pinterest

Gagal ginjal atau penyakit ginjal kronis merupakan kondisi serius yang mempengaruhi fungsi ginjal seseorang. Pasien dengan gagal ginjal perlu memperhatikan pola makan mereka dengan sangat hati-hati untuk mencegah penumpukan zat-zat berbahaya dalam tubuh. Makanan yang sehat dan teratur menjadi faktor penting dalam menjaga kondisi kesehatan seseorang yang menderita penyakit ginjal. Namun, bagi mereka yang mempunyai gangguan ginjal, tidak semua jenis makanan aman untuk dikonsumsi. Berikut adalah beberapa makanan yang perlu dihindari bagi pengidap gagal ginjal.

Makanan Tinggi Protein
Mengonsumsi makanan tinggi protein, seperti daging merah, telur, ikan, dan produk susu, dapat memberikan beban tambahan pada ginjal yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Protein berlebih yang dikonsumsi akan menghasilkan limbah nitrogen yang harus dihilangkan oleh ginjal. Bagi penderita gagal ginjal, hal ini bisa menyebabkan penumpukan limbah berbahaya dalam tubuh yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Makanan Tinggi Garam
Tingginya kadar garam dalam makanan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan retensi cairan dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan beban kerja ginjal dan memperburuk kondisi gagal ginjal. Makanan yang tinggi garam antara lain makanan olahan, makanan cepat saji, makanan kaleng, serta camilan yang mengandung banyak garam.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?