Tampang

Momen Ramadan dan Naiknya Indeks Kepercayaan Industri ke 53,05

29 Mar 2024 10:02 wib. 475
0 0
Indeks Kepercayaan Industri

Namun, berbeda dengan kedua variabel lainnya, variabel produksi justru mengalami penurunan sebesar 1,12 poin atau mengalami kontraksi hingga mencapai level 49,33. Hal ini merupakan yang pertama kalinya terjadi sejak IKI dirilis. Penurunan produksi ini diduga terjadi karena keputusan produsen untuk menghabiskan persediaan produk yang menumpuk sejak akhir 2023.

Dilihat dari subsektornya, peningkatan nilai IKI pada bulan Maret ini dipengaruhi oleh kenaikan nilai IKI pada 15 subsektor industri pengolahan, serta adanya empat subsektor yang mengubah level menjadi ekspansi. Keempat subsektor tersebut antara lain adalah subsektor industri komputer, barang elektronik, dan optik; industri peralatan listrik; industri alat angkutan lainnya; dan industri pengolahan lainnya.

Sehingga, dengan demikian, jumlah subsektor yang mengalami ekspansi menjadi 21 subsektor dengan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) tahun 2023 sebesar 96,20 persen. Adapun subsektor yang mengalami kontraksi adalah subsektor industri tekstil dan industri kayu, barang kayu, dan gabus.

Terkait industri makanan dan minuman, nilai IKI dengan ekspansi terbesar masih dialami oleh industri minuman, meskipun nilai IKI mengalami penurunan sebesar 0,59 poin akibat penurunan nilai IKI produksi sebesar 3,49 poin. Diikuti oleh industri makanan yang mengalami kenaikan nilai IKI sebesar 0,94 poin, yang melampaui industri farmasi, obat kimia, dan tradisional.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?