Tampang

Mendag: Harga Bahan Pangan Cenderung Turun Jelang Lebaran 2024

1 Apr 2024 17:15 wib. 125
0 0
Ilustrasi toko grosir
Sumber foto: ANTARA FOTO/ABRIAWAN ABHE/RWA

Meskipun harga-harga pangan mengalami penurunan, Mendag mengimbau masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya untuk waspada terhadap lonjakan permintaan. Permintaan cenderung melonjak menjelang Lebaran, dan perlu diwaspadai setelah hari raya karena banyak orang yang mudik dan berlibur.

Zulkifli meminta kepada para kepala daerah untuk memperhatikan distribusi bahan pangan dan menjaga stabilitas harga. Ia menekankan pentingnya tidak hanya memperhatikan fluktuasi harga, tetapi juga mengawal agar harga tetap berada pada tingkat yang layak sehingga petani tidak mengalami kerugian.

Di sisi lain, harga komoditas bawang putih masih mengalami kenaikan. Data Badan Pangan Nasional mencatat bahwa harga bawang putih bonggol secara rata-rata nasional naik menjadi Rp41.700 per kilogram. Sementara harga cabai rawit merah melonjak menjadi Rp50.890 per kilogram.

Zulkifli mengungkapkan bahwa kenaikan harga bawang putih disebabkan oleh tingginya permintaan dan harga beli dari negara eksportir yang tinggi. Mendag menegaskan bahwa impor bawang putih berjalan lancar, dengan pemberian izin sebanyak 300 ribu ton yang dianggap lebih dari cukup.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Potret yang Hilang dari Mozart
0 Suka, 0 Komentar, 18 Agu 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?