Tampang

Megawati ke Rusia dan Uzbekistan Kenalkan Nilai-Nilai Pancasila di Kancah Internasional

22 Sep 2024 02:18 wib. 63
0 0
Presiden ke-5 Republik Indonesia sekaligus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembindaan Ideolodi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri
Sumber foto: website

Pesannya jelas, bahwa Pancasila, dengan nilai-nilai luhur seperti kemanusiaan, musyawarah, dan gotong royong, dapat menjadi inspirasi bagi pemimpin dunia dalam menghadapi tantangan global dan menciptakan tatanan dunia yang lebih baik.

Selain ke Rusia, kunjungan Megawati ke Uzbekistan juga memiliki arti yang mendalam. Ziarah ke makam Imam Bukhari menjadi simbol komitmen Indonesia terhadap ajaran agama Islam yang telah menginspirasi Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa. Tindakan ini merupakan manifestasi dari sila pertama Pancasila, Ketuhanan Yang Maha Esa, yang memperlihatkan peran Bung Karno dalam mendukung umat Islam di dunia.

Selain ziarah ke makam Imam Bukhari, kunjungan ke Uzbekistan juga menjadi bagian dari upaya Indonesia dalam mempererat hubungan bilateral dengan negara-negara di Asia Tengah. Selama kunjungan tersebut, Megawati juga menjalin kerja sama dan pertukaran gagasan dengan tokoh-tokoh politik dan pemimpin agama di Uzbekistan, untuk memperkuat hubungan antarbangsa yang berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.