Tampang

Megawati ke Rusia dan Uzbekistan Kenalkan Nilai-Nilai Pancasila di Kancah Internasional

22 Sep 2024 02:18 wib. 65
0 0
Presiden ke-5 Republik Indonesia sekaligus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembindaan Ideolodi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri
Sumber foto: website

Tampang.com | Presiden ke-5 Republik Indonesia yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri, melakukan kunjungan ke Rusia dan Uzbekistan pada 14-21 September 2024. Kunjungan ini dianggap sebagai misi ideologis yang bertujuan memperkenalkan Pancasila di kancah internasional.

Menurut Darmansjah Djumala, anggota Dewan Pakar BPIP bidang Strategi Hubungan Luar Negeri, perjalanan tersebut adalah bentuk muhibah ideologis, di mana Megawati mempromosikan Pancasila sebagai ideologi perdamaian yang sarat dengan nilai-nilai kemanusiaan dalam hubungan antarnegara. Djumala menjelaskan bahwa muhibah ini merupakan langkah diplomasi Megawati untuk memperkenalkan Pancasila di panggung internasional.

Selain itu, kunjungan Megawati juga memiliki makna ideologis yang dalam. Berdasarkan pengakuan oleh UNESCO terhadap pidato bersejarah Bung Karno di Sidang Umum PBB pada 1960, berjudul "To Build the World Anew", sebagai bagian dari Memory of the World, hal ini memberikan akses lebih luas bagi publik internasional terhadap pidato tersebut, memperkuat peran Pancasila sebagai ideologi yang mendukung perdamaian dan mempromosikan nilai-nilai universal. Kunjungan Megawati ke Rusia menjadi bagian dari upaya Indonesia dalam memperkenalkan Pancasila di dunia internasional.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.