Tampang

Dokter Ungkap Ciri-Ciri Anak yang Menderita Obesitas

8 Jun 2024 04:12 wib. 63
0 0
Anak Obesitas
Sumber foto: google

Dr. dr. Klara Yuliarti, Sp.A(K), seorang ahli nutrisi dan penyakit metabolik anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, menjelaskan bahwa obesitas pada anak dapat dikenali dari ciri-ciri fisiknya. Beberapa tanda obesitas pada anak antara lain adalah perut besar, muka bulat, dan dagu tebal.

Dalam sebuah webinar yang berjudul ‘Obesitas pada Anak, Kenali Bahayanya,’ Klara mengatakan bahwa salah satu tanda spesifik obesitas pada anak adalah jika sang anak memiliki wajah bulat, dagu tebal, dan perut yang buncit. Selain itu, klara juga menyebut bahwa pada anak tersebut, terlihat payudaranya membesar.

Obesitas pada anak merupakan kondisi penimbunan jaringan lemak yang berlebihan pada tubuh anak. Ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa, namun juga pada anak-anak. Anak dengan obesitas parah umumnya akan mengalami komplikasi berat, di mana kakinya akan terlihat berbentuk "X" atau "O".

Namun, Klara menegaskan bahwa terdapat anggapan yang kurang tepat tentang anak yang kelebihan berat badan (overweight) dianggap menderita obesitas. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk berkonsultasi dengan dokter guna memastikan diagnosis serta penanganan yang tepat.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%