Tampang

Kereta Tanpa Rel Dicoba di IKN, Agustus 2024

19 Jun 2024 20:20 wib. 51
0 0
Kereta Tanpa Rel Dicoba di IKN Agustus 2024
Sumber foto: google

Di tengah perkembangan teknologi transportasi yang semakin canggih, industri kereta api terus bergerak maju untuk berinovasi. Salah satunya adalah dengan uji coba kereta tanpa rel yang direncanakan akan dilakukan di IKN pada bulan Agustus 2024.

Kereta otonom tanpa rel (autonomous rail transit/ART) akan diuji coba di Ibu Kota Nusantara pada Agustus 2024."Itu adalah salah satu teknologi kereta api bertenaga baterai, dengan marka dan magnet saja," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Kereta ramah lingkungan itu berasal dari China dan uji coba sampai Desember 2024.

Kereta itu akan dioperasikan di kawasan Sumbu Kebangsaan Timur dan Sumbu Kebangsaan Barat, sedangkan tahap pembangunan rute akan dilakukan dalam dua fase."Satu set ART terdiri dari dua gerbong, dengan total kapasitas penumpang sebanyak 324 orang. Kecepatan operasionalnya 40 km/jam dan maksimal 70 km/jam," ujar Budi.

Pengembangan kereta tanpa rel memungkinkan perjalanan yang lebih cepat, aman, dan efisien. Dengan menggunakan sistem elektromagnetik, kereta dapat bergerak dengan kecepatan tinggi tanpa gesekan yang umumnya terjadi pada rel tradisional. Hal ini akan mempercepat waktu tempuh dan meningkatkan efisiensi transportasi.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Wisata Edukatif  Di Museum Geologi Bandung
0 Suka, 0 Komentar, 14 Jul 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%