Tampang

Ir. H. Djuanda Kartawidjaja: Sang Maestro di Balik Perluasan Wilayah Laut Indonesia

12 Jul 2024 09:13 wib. 138
0 0
Ir. H. Djuanda Kartawidjaja
Sumber foto: ft.umj.ac.id

Indonesia merupakan negara maritim yang kaya akan potensi sumber daya laut. Untuk mewujudkan visi Indonesia sebagai poros maritim dunia, perluasan wilayah laut merupakan suatu hal yang sangat penting. Salah satu tokoh yang memiliki peran besar di balik perluasan wilayah laut Indonesia adalah Ir. H. Djuanda Kartawidjaja.

Ir. H. Djuanda Kartawidjaja, yang akrab disapa Ir. Djuanda, lahir di Tasikmalaya pada tanggal 14 Januari 1911. Beliau merupakan seorang arsitek dan tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia yang memiliki peran yang sangat penting dalam bidang kelautan. Di masa jabatannya sebagai Perdana Menteri pada tahun 1957, Ir. Djuanda berhasil menginisiasi konsep pemekaran wilayah laut Indonesia, yang kemudian dikenal sebagai Konsep Djuanda.

Konsep Djuanda adalah suatu konsep yang mengusulkan perluasan batas wilayah laut Indonesia dari tiga mil laut menjadi dua belas mil laut. Hal ini merupakan langkah awal yang sangat strategis dalam mengamankan wilayah laut Indonesia, mengelola sumber daya alam yang ada di wilayah laut, serta mengawasi jalur pelayaran internasional yang melintasi wilayah perairan Indonesia.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?