Tampang

Hari Lingkungan Hidup Sedunia Sebagai Pengingat Gerakan Go Green dalam Mengatasi Global Warming

6 Jun 2024 12:47 wib. 399
0 0
Hari Lingkungan Hidup

Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Juni sebagai wujud dari kesadaran global akan pentingnya lingkungan hidup bagi kehidupan di Bumi. Pada tahun 1972, Konferensi PBB tentang Lingkungan Manusia diadakan di Stockholm, Swedia, dan kemudian menetapkan tanggal 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup. Keputusan ini adalah hasil dari upaya untuk mendorong kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya pelestarian lingkungan hidup dan sumber daya alam.

Seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup, muncul gerakan "Go Green" yang bertujuan untuk mengurangi dampak negatif aktivitas manusia terhadap lingkungan. Gerakan ini mencakup berbagai inisiatif, mulai dari pengurangan penggunaan bahan-bahan kimia berbahaya hingga pemanfaatan sumber energi terbarukan. Peran Go Green dalam mengatasi perubahan iklim dan global warming menjadi semakin penting dalam konteks perlindungan lingkungan hidup.

Global Warming sendiri merupakan fenomena pemanasan global yang disebabkan oleh peningkatan suhu rata-rata atmosfer Bumi akibat emisi gas rumah kaca. Gas-gas tersebut berasal dari berbagai aktivitas manusia, seperti pembakaran bahan bakar fosil, deforestasi, dan limbah industri. Dampak dari global warming sangat beragam, mulai dari kenaikan suhu global, perubahan pola cuaca ekstrem, hingga naiknya permukaan air laut akibat pencairan es di kutub.

Inisiatif Go Green memiliki peran yang signifikan dalam upaya mengurangi dampak global warming. Salah satu upaya utama adalah pengurangan emisi gas rumah kaca dengan menggantikan bahan bakar fosil dengan sumber energi terbarukan, seperti energi surya dan angin. Selain itu, Go Green juga mendorong penggunaan transportasi ramah lingkungan, seperti kendaraan listrik yang mengurangi emisi gas buang. Pemanfaatan teknologi efisiensi energi juga menjadi bagian dari upaya Go Green dalam mengurangi konsumsi energi yang berlebihan.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Peraturan Baru dari Pemerintah, Seluruh Motor dan Mobil Wajib Miliki Asuransi Mulai 2025. Apakah Anda Setuju?