Tampang

Gunung Marapi Kembali Meletus, Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi Ratusan Meter

15 Sep 2024 08:40 wib. 50
0 0
Gunung Marapi Kembali Meletus, Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi Ratusan Meter
Sumber foto: website

Tampang.com | Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat, kembali mengalami letusan pada hari Minggu, 15 September 2024, pukul 07.36 WIB. Letusan tersebut menyebabkan abu vulkanik teramati mencapai ketinggian 400 meter di atas puncak gunung yang memiliki ketinggian 3.291 meter di atas permukaan laut.

Menurut Pengamat Gunung Api Gunung Marapi, letusan tersebut tercatat dalam seismogram dengan tinggi kolom abu 400 meter. Abu vulkanik tersebut teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal yang condong ke arah timur. Data juga menunjukkan bahwa letusan mencapai amplitudo maksimum 4.5 mm dengan durasi 3 menit 31 detik.

Untuk menjaga keselamatan masyarakat, petugas pengamat gunung api yang berkantor di Belakang Balik, Bukittinggi, memberikan peringatan kepada warga, pengunjung, dan pendaki untuk tidak memasuki wilayah radius 3 km dari pusat aktivitas Gunung Marapi. Hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan terjadinya dampak lebih lanjut akibat letusan gunung tersebut.

Tidak hanya itu, masyarakat yang tinggal di sekitar lembah, aliran, dan bantaran sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi juga diimbau untuk selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar, terutama saat musim hujan. Hal ini disampaikan sebagai langkah preventif mengingat potensi bahaya lahar yang dapat terjadi akibat letusan gunung.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?