Tampang

Gunung Marapi Erupsi, Dentuman hingga Getaran Dirasakan Warga

21 Agu 2024 16:37 wib. 92
0 0
Gunung Marapi Erupsi
Sumber foto: website

Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Agam dan Tanah Datar kembali mengalami letusan siang ini dengan menghasilkan dentuman keras dan melontarkan abu vulkanik. Meskipun ketinggian letusan tidak teramati dari puncak, kejadian ini menimbulkan keresahan di kalangan warga sekitar.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Pengamat Gunung Api di Bukittinggi, letusan terjadi sekitar pukul 12.40 WIB, namun tinggi kolom abu vulkanik tidak dapat diamati karena tertutup awan. Dalam keterangan yang diunggah melalui media sosial pada hari Rabu (21/8/2024), diketahui bahwa letusan terekam dalam seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi lebih dari 48 detik.

Reaksi warga di sekitar kaki Gunung Marapi pun bermacam-macam. Beberapa di antaranya merasakan suara dentuman keras, namun sebagian lain mengaku tidak dapat mendengar suara tersebut akibat tertutup awan. Salah seorang warga bernama Anto mengungkapkan, "Kami merasakan dentuman dan getaran di beberapa titik." Sementara itu, Nagari Bukik Batabuah Firdaus Putra Tunggal menyampaikan bahwa gunung terlihat ditutupi oleh kabut, dan suara dentuman serta getaran bisa dirasakan hingga jarak 8,5 kilometer dari kawah verbek. "Kami sempat merekam video dari halaman kantor wali nagari Bukik Batabuah," tambahnya.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?