Tampang

Gempa Magnitudo 4,4 Guncang Batang: Jenis dan Dampaknya

8 Jul 2024 17:06 wib. 195
0 0
Gempa Magnitudo 4,4 Guncang Batang: Jenis dan Dampaknya
Sumber foto: iStock

Pada hari Minggu (7/7/2024), sebuah gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo (M) 4,4 mengguncang wilayah Batang, Jawa Tengah. Gempa ini terjadi pada pukul 14.35 WIB dan menyebabkan sejumlah bangunan di beberapa wilayah mengalami kerusakan yang cukup signifikan.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa di Batang terjadi pada kedalaman 6 kilometer (km) dengan pusat gempa berada di darat 5 km timur laut Batang.

Menurut BMKG, gempa di Batang termasuk dalam jenis gempa dangkal yang disebabkan oleh aktivitas sesar aktif. Hal ini memberikan gambaran bahwa wilayah Batang rentan terhadap gempa bumi dengan jenis dan sumber yang serupa.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang, melalui Plt Kepala Pelaksana BPBD, Ulul Azmi, telah memastikan adanya kerusakan bangunan akibat gempa yang terjadi. Beberapa laporan menyebutkan adanya bangunan warga yang mengalami kerusakan, termasuk di Desa Lebo (Warungasem) dan wilayah kota Batang.

Meskipun belum ada data pasti mengenai jumlah kerusakan rumah atau bangunan akibat gempa tersebut, pihak BPBD sedang melakukan pendataan atas kerusakan yang terjadi. Langkah ini penting untuk mengetahui dampak selengkap mungkin, sehingga upaya pemulihan dapat dilakukan secara efektif.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.