Tampang

Gempa M4,1 Guncang Boroko Sulut

18 Sep 2024 05:09 wib. 13
0 0
Ilustrasi
Sumber foto: google

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4,1 mengguncang wilayah Boroko, Kecamatan Kaidipang, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Provinsi Sulawesi Utara, pada Selasa (17/9/2024), sekitar pukul 20.43 WIB. Informasi ini didapat dari akun resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Twitter. Lokasi gempa tersebut tercatat berada di 2.09 lintang utara dan 123.03 bujur timur, dengan kedalaman mencapai 383 kilometer.

Dalam twit yang diunggah BMKG, terdapat informasi detail terkait gempa tersebut, yaitu: "#Gempa Mag:4.1, 17-Sep-2024 20:43:33WIB, Lok:2.09LU, 123.03BT (133 km BaratLaut BOROKO-BOLMUT-SULUT), Kedlmn:383 Km."

Namun, BMKG juga menambahkan disclaimer bahwa informasi yang disebarkan dalam kondisi darurat dan diutamakan untuk kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan masih bisa berubah seiring dengan kelengkapan data yang terkumpul.

Gempa bumi selalu menjadi peristiwa yang memicu kepanikan dan kekhawatiran bagi masyarakat, terutama di wilayah yang terkena dampaknya. Selain merusak bangunan dan infrastruktur, gempa juga seringkali menimbulkan korban jiwa dan luka-luka. Oleh karena itu, penanganan gempa bumi, termasuk pencegahan dan mitigasinya, memerlukan perhatian yang serius dari pihak berwenang.

Ketika gempa bumi terjadi, penting untuk menjaga ketenangan dan segera melakukan tindakan evakuasi jika diperlukan. Selain itu, perlu adanya perencanaan dan persiapan yang matang dalam menghadapi bencana ini. Masyarakat di wilayah-wilayah rawan gempa perlu terus menerus melakukan sosialisasi dan pelatihan terkait perilaku yang aman selama gempa, serta kesiapan untuk menghadapi kemungkinan terburuk pada saat gempa terjadi.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?