Tampang

Gempa M4,0 Guncang Kebumen, Getarannya Dirasakan hingga Bantul

22 Sep 2024 20:36 wib. 64
0 0
Ilustrasi
Sumber foto: website

Menurut data sejarah gempa di Indonesia, aktivitas gempa bumi kerap terjadi di wilayah Jawa Tengah. Wilayah ini terletak di zona megathrust, yang mana merupakan sumber gempa-gempa besar yang dikenal sebagai salah satu dari dua zona subduksi di Indonesia. Hal ini mengindikasikan bahwa wilayah Jawa Tengah memiliki kecenderungan terhadap kejadian gempa bumi yang merupakan bencana alam yang mengakibatkan dampak signifikan.

Lebih jauh, data dari BMKG mengenai gempa di Jawa Tengah menunjukkan bahwa wilayah tersebut memiliki sejarah gempa bumi yang cukup sering terjadi. Sehubungan dengan itu, langkah-langkah pencegahan dan kesiapsiagaan diharapkan dapat diterapkan dengan lebih baik.

Pada saat terjadinya gempa, kewaspadaan yang tinggi diperlukan untuk meminimalisir dampak buruk yang mungkin terjadi. Hal ini mencakup upaya pemerintah dalam penyusunan dan implementasi peraturan bangunan yang tahan gempa, sistem peringatan dini, serta upaya-upaya edukasi kepada masyarakat mengenai tindakan yang tepat saat terjadi gempa.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Sejarah Munculnya Ilmu Politik
0 Suka, 0 Komentar, 4 Jul 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.