Tampang

Bridgestone Mau Tutup Pabrik, 111 Karyawan Terancam PHK

16 Sep 2024 07:39 wib. 43
0 0
Bridgestone Mau Tutup Pabrik, 111 Karyawan Terancam PHK
Sumber foto: Blibli.com

Produsen ban asal Jepang, Bridgestone Corp., telah mengumumkan rencana penutupan pabrik di Lanklaar, Belgia pada semester pertama tahun 2025. Penutupan pabrik ini disebabkan oleh masalah profitabilitas yang dihadapi perusahaan di Eropa. Melansir dari media Jepang Nippon, Bridgestone tengah melakukan restrukturisasi operasinya di Eropa sebagai langkah untuk mengatasi masalah profitabilitas tersebut.

Sebanyak 111 karyawan telah diberitahu mengenai rencana penutupan pabrik yang dijalankan oleh anak perusahaan Bridgestone, Bandag Europe NV. Perusahaan menyatakan bahwa mereka akan memberikan dukungan yang diperlukan kepada karyawan setelah keputusan resmi untuk menutup pabrik tersebut dibuat. Hal ini disampaikan dalam laporan Nippon yang dikutip pada Minggu, 15 September 2024.

Bukan hanya itu, media Belgia VRT NWS juga melaporkan bahwa penutupan pabrik ini disebabkan oleh biaya produksi yang tinggi dan penurunan penjualan. Bridgestone sebagai perusahaan yang bergerak dalam produksi ban bus dan truk, menghadapi penurunan permintaan suku cadang ban bus dan truk sebesar lebih dari sepertiganya di Eropa. Hal ini terutama disebabkan oleh banyaknya impor produk yang lebih murah dari Asia Timur.

Manajemen perusahaan menegaskan bahwa kelebihan kapasitas produksi dan biaya produksi yang tidak kompetitif telah memengaruhi kinerja perusahaan. Faktor-faktor tersebut semakin diperparah oleh tingginya harga energi dan inflasi. Bandag Europe NV kini memulai prosedur informasi dan konsultasi dengan tujuan menutup pabrik di Lanklaar pada paruh pertama tahun 2025.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?