Tampang

33 Mahasiswa Ditangkap Usai Bentrok di UNM Makassar, 2 Jadi Tersangka

25 Mei 2024 07:07 wib. 141
0 0
33 Mahasiswa Ditangkap Usai Bentrok di UNM Makassar, 2 Jadi Tersangka
Sumber foto: google

Kasus tawuran antara mahasiswa ini menimbulkan kekhawatiran akan keamanan dan disiplin di lingkungan kampus. Kondisi ini juga perlu menyadarkan semua pihak, terutama pihak kampus, untuk merenungkan upaya-upaya pencegahan agar kejadian serupa tidak terulang di masa mendatang.

Konflik antar-mahasiswa sendiri bisa menjadi cerminan dari keadaan sosial-akademis di dalam kampus. Kondisi akademik dan psikologis mahasiswa, serta hubungan antarmahasiswa menjadi faktor yang tidak bisa diabaikan dalam mencegah terjadinya tawuran atau bentrokan.

Pola pikir yang saling menghargai, kepedulian terhadap perbedaan, dan pembinaan mental mahasiswa perlu diperkuat dalam upaya menciptakan lingkungan kampus yang aman dan kondusif. Peran serta pihak kampus, baik dari segi pengawasan maupun pembinaan mahasiswa di luar jam perkuliahan, menjadi krusial dalam mewujudkan lingkungan kampus yang kondusif.

Dalam hal ini, pihak kampus perlu memberikan perhatian lebih dalam hal disiplin dan pembinaan mental mahasiswa. Sosialisasi aturan dan sanksi terhadap perilaku yang merugikan harus lebih diperkuat, bukan hanya sebagai upaya penegakan aturan, tetapi juga dalam rangka pendidikan karakter mahasiswa.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%