Tampang

Serangan Israel di Gaza Menewaskan Relawan World Central Kitchen

4 Apr 2024 12:45 wib. 68
0 0
Serangan Israel di Gaza Menewaskan Relawan World Central Kitchen
Sumber foto: detik.news.com

Serangan militan Israel di Jalur Gaza pada Senin (1/4/2024) telah menewaskan sejumlah relawan World Central Kitchen (WCK) yang sedang melakukan aksi mengantar bantuan makanan. Kontroversi yang timbul dari kejadian ini pun melibatkan banyak negara, termasuk Inggris yang menyuarakan kecaman keras atas insiden tersebut.

Kementerian Luar Negeri Inggris telah mengambil langkah tegas dengan memanggil duta besar Israel, Tzipi Hotovely, pada Selasa (2/4) sebagai tanggapan atas tragedi tersebut. Menteri Negara Inggris untuk Pembangunan dan Afrika, Andrew Mitchell, secara resmi mengecam pembunuhan tujuh pekerja bantuan, termasuk tiga warga negaranya, yang terlibat dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza. Mitchell mendorong dilakukannya penyelidikan yang cepat dan transparan, serta menuntut pertanggungjawaban penuh dari pihak Israel atas kejadian tersebut.

Diketahui bahwa pada hari kejadian, para pekerja WCK melakukan perjalanan menggunakan dua mobil lapis baja bertanda organisasi dan satu kendaraan dengan atap lunak di "zona bebas konflik". Mereka telah mengkoordinasikan pergerakan dengan pasukan pertahanan Israel (IDF) dan membawa lebih dari 100 ton bantuan makanan ke Gaza melalui laut sebelum diserang saat meninggalkan gudang Deir al Balah.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengklaim bahwa pasukan Israel secara tidak sengaja melukai non-kombatan di Gaza dan menegaskan bahwa hal tersebut sering terjadi dalam konteks perang. Ia juga menyatakan bahwa pemerintah Israel telah memulai penyelidikan atas insiden tersebut untuk mencegah kejadian serupa di masa depan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

jokowi ahok
0 Suka, 0 Komentar, 14 Feb 2019

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?