Tampang

Sejarah Runtuhnya Uni Soviet: Dari Kekuasaan Gorbachev hingga Keruntuhan Tahun 1991

4 Jul 2024 15:11 wib. 314
0 0
Uni Soviet
Sumber foto: Google

Pembubaran Uni Soviet

Setelah kegagalan kudeta, proses disintegrasi Uni Soviet berlangsung dengan cepat. Pada Desember 1991, pemimpin republik-republik Soviet bertemu di Belavezha, Belarus, dan menyepakati pembubaran Uni Soviet. Pada 25 Desember 1991, Gorbachev mengundurkan diri sebagai Presiden Uni Soviet, dan Uni Soviet secara resmi dibubarkan.

Dampak Runtuhnya Uni Soviet
Dampak Ekonomi

Runtuhnya Uni Soviet membawa dampak ekonomi yang besar. Banyak negara bekas Soviet mengalami krisis ekonomi, inflasi yang tinggi, dan penurunan standar hidup. Proses transisi dari ekonomi terencana ke ekonomi pasar bebas sering kali disertai dengan kesulitan besar.

Dampak Politik

Secara politik, runtuhnya Uni Soviet mengakhiri Perang Dingin dan menyebabkan perubahan besar dalam peta geopolitik dunia. Amerika Serikat muncul sebagai satu-satunya kekuatan superpower, dan banyak negara bekas Soviet berjuang untuk menemukan identitas politik dan jalur pembangunan mereka sendiri.

Dampak Sosial

Secara sosial, runtuhnya Uni Soviet membawa kebebasan yang lebih besar bagi rakyatnya. Namun, kebebasan ini juga disertai dengan tantangan baru seperti meningkatnya ketidakstabilan sosial, konflik etnis, dan kejahatan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?