Tampang

Saudi Tetapkan Idul Adha 2024 Jatuh pada 16 Juni

8 Jun 2024 04:05 wib. 41
0 0
Saudi Tetapkan Idul Adha 2024 Jatuh pada 16 Juni
Sumber foto: google

Arab Saudi telah menentukan Hari Raya Idul Adha, atau yang dikenal sebagai Hari Raya Kurban, jatuh pada hari Minggu, 16 Juni. Keputusan ini diumumkan melalui laporan Al Arabiya pada Kamis, 6 Juni.

Menurut laporan tersebut, penentuan tanggal Idul Adha didasarkan pada penampakan bulan sabit, yang menandakan bahwa perayaan Idul Adha akan berlangsung pada tanggal 16 Juni. Selain itu, Saudi juga menetapkan bahwa hari Arafah akan jatuh sehari sebelumnya, yaitu pada tanggal 15 Juni.

Sebelum datangnya Idul Adha, umat Islam biasanya melaksanakan dua hari puasa sebagai bagian dari persiapan perayaan tersebut. Puasa pertama dikenal sebagai puasa tarwiyah yang dilakukan pada 8 Zulhijah, dan puasa kedua dikenal sebagai puasa arafah yang dilakukan pada 9 Zulhijah.

Tradisi penentuan tanggal Idul Adha oleh Arab Saudi umumnya didasarkan pada perhitungan astronomi dan penetapan kalender hisab. Ahli astronomi di negara tersebut memperkirakan bahwa perayaan Idul Adha pada tahun tersebut akan jatuh pada tanggal 16 Juni.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%