Tampang

Putin-Kim Jong Un Makin Mesra, Teken Pakta Pertahanan Korut-Rusia

21 Jun 2024 10:58 wib. 202
0 0
Putin-Kim Jong Un Makin Mesra, Teken Pakta Pertahanan Korut-Rusia
Sumber foto: google

Kesepakatan dalam pakta pertahanan ini tidak hanya melibatkan kepentingan bilateral kedua negara, tetapi juga berimplikasi bagi kawasan Asia Timur. Kehadiran Rusia sebagai pemain geopolitik di wilayah ini menimbulkan dinamika baru dalam perhitungan kekuatan kawasan.

Tidak hanya itu, kerja sama militer antara Rusia dan Korea Utara juga dapat mengubah dinamika politik global dan menggeser keseimbangan kekuatan di kawasan. Terutama, dalam konteks keterlibatan Amerika Serikat sebagai kekuatan besar di kawasan, bersama sekutunya dalam bentuk NATO dan aliansi dengan negara-negara Asia Timur.

Dengan demikian, kesepakatan dalam pakta pertahanan antara Rusia dan Korea Utara bukan hanya menjadi isu antara dua negara, tetapi juga menimbulkan dampak yang signifikan dalam geopolitik global. Kemungkinan perubahan dalam perimbangan kekuatan di kawasan Asia Timur dapat terwujud melalui kolaborasi strategis yang kuat antara kedua negara ini.

Dari segi Amerika, keterlibatan Rusia dalam urusan Asia Timur menjadi bukti bahwa geopolitik global semakin kompleks, dan kemungkinan pergeseran kekuatan tidak terelakkan. Oleh karena itu, upaya diplomasi dan kolaborasi menjadi kunci dalam menjaga stabilitas dan perdamaian kawasan bagi semua pihak yang terlibat.

Kesepakatan ini mengindikasikan akselerasi diplomasi Kremlin dalam merancang kembali peran global Rusia di kawasan Asia Timur, serta menunjukkan langkah strategis Kim Jong Un dalam memperkuat posisinya di kancah internasional. Hal ini menjadi bukti bahwa pergeseran kekuatan global merupakan realitas yang harus dihadapi secara bijaksana oleh semua negara yang terlibat.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.