Tampang

Gara-Gara Pajak Naik, Kerusuhan Terjadi di Kenya

27 Jun 2024 19:25 wib. 34
0 0
Gara-Gara Pajak Naik, Kerusuhan Terjadi di Kenya
Sumber foto: Unsplash

Kekerasan yang menimbulkan kematian pecah di Kenya Selasa, akibat demonstrasi yang berubah menjadi mematikan karena rencana kenaikan pajak dari pemerintah yang sedang disahkan di parlemen. Protes ini sebenarnya sudah berlangsung selama seminggu, tetapi eskalasi menjadi kerusuhan mencapai puncaknya kemarin di ibu kota Nairobi.

Massa dikabarkan melemparkan benda-benda ke arah polisi saat berusaha menyerbu halaman DPR setempat, mencoba menembus barikade dan memasuki area parlemen. Militer yang dikerahkan mendukung polisi kemudian menembakkan gas air mata, meriam air, dan peluru karet. Menurut kelompok hak asasi manusia, lima orang tewas akibat penembakan tersebut dan 31 lainnya mengalami luka-luka.

Marahnya massa terkait rencana kenaikan pajak dipicu oleh krisis biaya hidup yang sedang melanda negara tersebut. Meskipun Kenya merupakan salah satu negara dengan perekonomian paling dinamis di Afrika Timur, namun sepertiga dari 52 juta penduduknya hidup dalam kemiskinan.

Ada pajak-pajak yang telah dibatalkan oleh pemerintah setelah memicu protes, namun ada beberapa pajak lain yang tengah diupayakan untuk dinaikkan dengan alasan "penyesuaian", seperti harga bahan bakar dan pajak ekspor. Langkah ini dikritik oleh sebagian pihak karena diprediksi akan membuat biaya hidup semakin tinggi di negara tersebut, sementara pekerjaan dengan upah tinggi tidak terjangkau oleh banyak generasi muda.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%