Tampang

Profil Perjuangan Rosa Parks: Ikon Perlawanan Terhadap Diskriminasi Rasial

10 Jul 2024 19:59 wib. 111
0 0
Rosa Parks
Sumber foto: Google

Setelah menikah dengan Raymond Parks, seorang aktivis hak-hak sipil, pada tahun 1932, Rosa semakin terlibat dalam perjuangan melawan diskriminasi rasial. Pasangan ini aktif dalam National Association for the Advancement of Colored People (NAACP). Rosa menjadi sekretaris cabang Montgomery NAACP pada tahun 1943. Selama bekerja di NAACP, Rosa berjuang untuk menegakkan keadilan bagi para korban kekerasan rasial dan pelecehan di Alabama.

Insiden Bus Montgomery

Pada 1 Desember 1955, Rosa Parks membuat sejarah dengan tindakan sederhana namun penuh keberanian. Ketika itu, ia menolak memberikan kursinya di bus kota Montgomery kepada penumpang kulit putih, yang merupakan pelanggaran terhadap hukum segregasi saat itu. Tindakannya ini menyebabkan Rosa ditangkap dan didenda, namun juga menjadi pemicu bagi gerakan besar yang dikenal sebagai Montgomery Bus Boycott.

Montgomery Bus Boycott

Montgomery Bus Boycott berlangsung selama 381 hari, mulai dari 5 Desember 1955 hingga 20 Desember 1956. Boycott ini dipimpin oleh Dr. Martin Luther King Jr., seorang pendeta muda yang kemudian menjadi salah satu pemimpin paling berpengaruh dalam gerakan hak-hak sipil. Ribuan warga Afrika-Amerika di Montgomery menolak menggunakan bus kota sebagai bentuk protes terhadap hukum segregasi. Aksi ini menunjukkan solidaritas dan kekuatan komunitas Afrika-Amerika dalam menghadapi ketidakadilan. Pada akhirnya, Mahkamah Agung AS memutuskan bahwa segregasi di bus kota Montgomery adalah tidak konstitusional.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Game Terbaru Zenless Zone Zero
0 Suka, 0 Komentar, 24 Jul 2024
Rodriguez: Saya Ada di Trek yang Benar
0 Suka, 0 Komentar, 17 Jul 2017

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?