Tampang

6 Penyebab Mata Kamu Rusak yang Harus Kamu Tahu

24 Mar 2024 16:56 wib. 57
0 0
mata
Sumber foto: Google

Mata, sebagai organ vital, rentan terhadap kerusakan akibat gaya hidup modern dan kemajuan teknologi. Penting untuk memahami faktor-faktor yang berkontribusi pada kerusakan mata guna menjaga kesehatannya. Beberapa penyebab meliputi penggunaan handphone berlebihan, gangguan penglihatan, kurangnya istirahat, polusi udara, paparan sinar matahari, dan kebiasaan merokok. Dengan kesadaran akan hal ini, langkah-langkah preventif dapat diambil untuk melindungi mata dari kerusakan yang mungkin terjadi, sehingga memastikan kualitas penglihatan yang optimal dalam jangka panjang. Berikut adalah enam penyebab kerusakan mata yang perlu Anda ketahui :

1. Penggunaan Handphone yang Berlebihan

Handphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, penggunaan handphone yang berlebihan dapat memberikan dampak negatif pada mata. Sinar biru yang dipancarkan oleh layar handphone dapat merusak sel-sel mata dan menyebabkan berbagai masalah seperti mata kering, gangguan penglihatan, dan degenerasi makula. Untuk mencegah kerusakan mata akibat penggunaan handphone, sebaiknya batasi waktu penggunaan handphone dan gunakan aplikasi filter sinar biru untuk melindungi mata Anda.

2. Gangguan Penglihatan : Mata Minus

Salah satu gangguan penglihatan yang umum adalah mata minus. Hal ini disebabkan oleh bentuk mata yang terlalu panjang, sehingga cahaya yang masuk ke mata tidak bisa fokus dengan baik di retina. Mata minus seringkali mengakibatkan mata cepat lelah dan sulit fokus. Jika tidak ditangani dengan baik, gangguan penglihatan ini dapat menjadi penyebab kerusakan pada mata.

3. Kurangnya Istirahat bagi Mata

Gaya hidup yang sibuk sering membuat kita lupa untuk memberikan istirahat yang cukup bagi mata. Mata yang terus-menerus dipaksa bekerja tanpa istirahat dapat mengalami kelelahan, yang dapat memicu berbagai masalah seperti mata kering, iritasi mata, dan gangguan penglihatan. Pastikan untuk memberikan istirahat yang cukup bagi mata dengan melakukan istirahat sejenak setiap 20 menit saat menggunakan handphone atau bekerja di depan layar komputer.

4. Paparan Polusi Udara

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Putin Mengundang Trump ke Moskow
0 Suka, 0 Komentar, 28 Jul 2018
Pengaruh, K Pop Terhadap, Anak Muda
0 Suka, 0 Komentar, 12 Apr 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?