Tampang

PBB Masukkan Israel ke “Blacklist” Negara yang Melakukan Pelanggaran Kekerasan terhadap Anak-anak

10 Jun 2024 13:59 wib. 37
0 0
Ilustrasi tentara Israel
Sumber foto: AFP/GIL COHEN-MAGEN KOMP

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah secara resmi memasukkan Israel ke dalam “daftar hitam” negara yang melakukan pelanggaran kekerasan terhadap anak-anak selama konflik bersenjata. Langkah ini menjadi sorotan publik setelah laporan CNN mengutip pernyataan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres melalui juru bicaranya, Stephane Dujarric pada Jumat (7/6/2024).

Menurut Dujarric, Hamas dan Jihad Islam Palestina juga termasuk dalam daftar tersebut. Hal ini memiliki dampak signifikan karena daftar hitam PBB merupakan pengakuan terhadap pelanggaran HAM yang merugikan anak-anak dalam konflik bersenjata.

Dalam konflik bersenjata yang terjadi di Gaza sejak 7 Oktober 2023, setidaknya 15.500 anak di Gaza tewas akibat aksi militer Israel. Selain itu, negara-negara seperti Arab Saudi, Afghanistan, Republik Demokratik Kongo, Sudan, Suriah, dan Yaman juga telah dimasukkan ke dalam daftar hitam PBB.

Terkait dengan hal ini, Duta Besar Israel untuk PBB, Gilad Erdan, merespons dengan menunjukkan ketidaksenangannya melalui rekaman panggilan telepon yang dibagikan di akun resmi pribadinya. Erdan mengklaim bahwa IDF merupakan "tentara paling bermoral di dunia" dan menegaskan bahwa Israel tidak pantas dimasukkan ke dalam daftar hitam tersebut.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%