Tampang

Pasokan Minyak Bermasalah, Harga Minyak Dunia Menghangat

28 Jun 2024 18:35 wib. 20
0 0
Pasokan Minyak Bermasalah, Harga Minyak Dunia Menghangat
Sumber foto: iStock

Pasokan minyak mentah di pasar spot meningkatkan harga karena ketegangan geopolitik yang mulai meningkat. Pada perdagangan hari Jumat (28/6/2024) pukul 09:18 WIB, harga minyak brent naik 0,41% ke posisi US$86,75 per barel, sementara harga minyak WTI menguat 0,46% ke posisi US$82,12 per barel.

Reuters melaporkan bahwa kenaikan harga minyak disebabkan oleh kekhawatiran akan pasokan akibat ketegangan lintas batas antara Israel dan Hezbollah Lebanon yang meningkat. Ketegangan ini dianggap memiliki potensi meluas ke konflik di Timur Tengah yang dapat melibatkan negara-negara penghasil minyak, seperti Iran, yang merupakan salah satu pengekspor minyak teratas di region tersebut.

Pada Kamis, Kementerian Luar Negeri Prancis telah menyatakan kekhawatiran atas situasi di Lebanon, sementara sebelumnya Turki juga telah menyatakan solidaritasnya dengan Lebanon dan meminta dukungan dari pemerintah regional. Hal ini menunjukkan ketidakpastian atas stabilitas pasokan minyak dari Timur Tengah.

Selain ketegangan geopolitik, pasokan minyak juga terganggu oleh faktor cuaca yang dapat memburuk dalam beberapa minggu mendatang. Menurut FGE Energy pada Jumat, hujan lebat telah menyebabkan produksi minyak dari Ecuador turun sebesar 100.000 barel per hari selama seminggu terakhir.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Pelaksaaan sholat
0 Suka, 0 Komentar, 2 Jun 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%