Tampang

Kim Jong-un Kirim 12.000 Tentara Korut untuk Bantu Pasukan Rusia

19 Okt 2024 16:43 wib. 65
0 0
Tentara Korea Utara
Sumber foto: website

Kerja sama antara Moskow dan Pyongyang juga semakin terlihat dengan adanya kunjungan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un kepada Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari ulang tahun Putin, yang disebutnya sebagai “kawan terdekatnya.” Hal ini menunjukkan hubungan erat antara kedua negara tersebut.

Tuduhan dari Badan Intelijen Nasional (NIS) Korea Selatan muncul beberapa hari setelah sumber intelijen militer Ukraina mengatakan bahwa tentara Rusia sedang membentuk unit Korea Utara. Hal ini menunjukkan bahwa keterlibatan Korea Utara telah direncanakan dengan matang oleh pihak Rusia.

Pada Kamis, (17/10/2024) kepala intelijen Ukraina Kyrylo Budanov mengklaim bahwa hampir 11.000 tentara infanteri Korea Utara berlatih di Rusia timur untuk berperang di Ukraina. Informasi ini menunjukkan bahwa keterlibatan Korea Utara bukanlah isu kecil dalam konflik Ukraina.

Budanov juga menambahkan bahwa Korea Utara akan menggunakan peralatan dan amunisi Rusia, dan kelompok pertama yang terdiri dari 2.600 tentara akan dikirim ke wilayah Kursk barat Rusia, tempat Ukraina menguasai sejumlah permukiman setelah melancarkan serangannya pada Agustus. Hal ini menunjukkan bahwa keterlibatan Korea Utara sangat signifikan dalam membantu pasukan Rusia di front Ukraina.

Putin juga telah memperkenalkan rancangan undang-undang untuk meratifikasi pakta militer yang ia buat dengan Kim Jong-un, yang berjanji bahwa Rusia dan Korea Utara akan saling membantu jika terjadi “agresi” terhadap salah satu negara. Hal ini menunjukkan komitmen kuat dari kedua negara untuk saling mendukung dalam konflik internasional.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.