Tampang

Kim Jong Un Ajak Warga Korut Ucap Sumpah Setia di Ulang Tahun yang ke-40

12 Mei 2024 15:20 wib. 72
0 0
Kim Jong Un Ajak Warga Korut Ucap Sumpah Setia di Ulang Tahun yang ke-40
Sumber foto: google

Kim Jong Un meminta warga Korea Utara untuk menyatakan sumpah setia, pada hari ulang tahunnya yang ke-40. Berdasarkan foto-foto yang dirilis oleh South and North Development Institute (SAND), lembaga penelitian yang berbasis di Seoul, Korea Selatan, pengucapan sumpah setia tersebut diduga berlangsung pada tanggal 8 Januari, bertepatan dengan ulang tahun Kim ke-40 tahun.

Menurut SAND, tindakan tersebut menandakan pergeseran ke arah ketegasan politik oleh Kim Jong Un, yang saat itu memulai tahun ke-13 kekuasaannya. Hal ini dianggap sebagai sebuah langkah yang berbeda dari pendekatan politik yang dilakukan oleh pendahulunya. 

Tradisionalnya, Korea Utara tidak pernah merilis informasi terkait tanggal lahir pemimpinnya, termasuk Kim Jong Un. Biasanya, upacara pengucapan sumpah setia dilakukan bertepatan dengan ulang tahun ayah dan kakeknya yang pernah memimpin negara itu. Namun, Presiden SAND Choi Kyong-hui menyatakan bahwa Korea Utara bisa menetapkan ulang tahun Kim sebagai hari jadi resmi secepatnya pada tahun mendatang.

Kabar mengenai pengucapan sumpah setia oleh warga kepada Kim Jong Un telah memicu diskusi mengenai pengkultusan terhadap pemimpin Korea Utara saat ini. Sebuah agen tur Barat yang memiliki mitra di Pyongyang menyatakan bahwa pemerintah Korea Utara untuk pertama kalinya tidak lagi menyebut ulang tahun pendiri Korea Utara, Kim Il Sung pada 15 April, sebagai "Hari Matahari". 

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Emha Ainun Nadjib: Saya Anti Demokrasi
0 Suka, 0 Komentar, 6 Mei 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%