Tampang

Israel Umumkan Jeda Militer di Gaza untuk Akses Bantuan Kemanusiaan

18 Jun 2024 09:32 wib. 47
0 0
Israel Umumkan Jeda Militer di Gaza untuk Akses Bantuan Kemanusiaan
Sumber foto: google

Militer Israel mengatakan akan mengadakan “jeda taktis aktivitas militer” setiap hari di sepanjang jalan di Gaza selatan untuk memungkinkan lebih banyak bantuan kemanusiaan masuk. Jeda yang konon dimulai pada Sabtu, (15/6/2024) ini berlangsung mulai pukul 08:00 waktu setempat hingga pukul 19:00 waktu setempat hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Mereka hanya akan mempengaruhi rute yang mengarah ke utara dari penyeberangan utama Kerem Shalom, yang dimiliki oleh Gaza dengan Israel. Israel terus-menerus mendapat tekanan dari sekutunya, termasuk Amerika Serikat (AS), untuk mencegah krisis kemanusiaan di Gaza semakin parah. Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan pengumuman pada Minggu, (16/6/2024) itu menyusul “diskusi tambahan terkait dengan PBB dan organisasi internasional”.

Rute jeda kemanusiaan dimulai dari penyeberangan Kerem Shalom di selatan Gaza ke Jalan Salah al-Din – jalan raya utama – dan kemudian ke utara ke Rumah Sakit Eropa dekat kota Khan Younis. Berbagai lembaga dan negara telah mendesak Israel untuk memberikan jalan bagi bantuan kemanusiaan demi menyelamatkan nyawa ribuan warga sipil yang terjebak di tengah konflik bersenjata.

Meskipun jeda militer ini memberikan harapan untuk peningkatan akses bantuan kemanusiaan, tetap diperlukan langkah konkret untuk memastikan bahwa bantuan tersebut benar-benar mencapai sasaran dan didistribusikan dengan adil kepada para korban. Selain itu, penting pula untuk memastikan keamanan para petugas kemanusiaan yang bertugas di wilayah konflik, sehingga mereka dapat melaksanakan tugas mereka tanpa terhalang oleh ancaman kekerasan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%