Tampang

Israel Serang Situs Iran, Tidak Ada Korban Jiwa

19 Apr 2024 13:54 wib. 77
0 0
Serangan Israel
Sumber foto: AFP/Louia Beshara

Analis dan pengamat telah menyatakan kekhawatiran mengenai risiko penyebaran perang Israel-Gaza ke seluruh wilayah. Presiden Iran Ebrahim Raisi telah memperingatkan Israel sebelum serangan hari Jumat bahwa Teheran akan memberikan "respon keras" terhadap setiap serangan di wilayahnya.

Iran mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB pada Kamis (18/4) bahwa Israel "harus dipaksa untuk menghentikan aksi militer lebih lanjut yang bertentangan dengan kepentingan kami," sementara Sekretaris Jenderal PBB memperingatkan bahwa Timur Tengah berada dalam "momen yang paling berbahaya."

Dampak eskalasi konflik Israel-Iran juga turut dirasakan dalam pasar keuangan. Saham-saham Asia dan imbal hasil obligasi merosot pada perdagangan Jumat, sementara mata uang safe-haven seperti emas dan minyak mentah mengalami lonjakan. Minyak mentah berjangka Brent naik 2 persen menjadi US$88,86 per barel, dolar menguat secara luas, emas naik 1 persen, dan kontrak berjangka S&P 500 turun 1 persen.

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka, Ibrahim Suaibi, mengatakan bahwa eskalasi konflik Israel-Iran dapat memicu investor beralih ke aset safe haven. "Serangan ini mengagetkan investor sehingga safe haven akan dijadikan lindung nilai. Indeks dolar AS kembali menguat kemungkinan ke 108, harga emas yang saat ini sudah terbang, kemungkinan mencapai level tertinggi US$2.500 per ons," katanya.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?