Tampang

Israel Membalas Serangan Houthi di Yaman, Harga Minyak Malah Merosot

21 Jul 2024 20:40 wib. 114
0 0
Israel Membalas Serangan Houthi di Yaman, Harga Minyak Malah Merosot
Sumber foto: Unsplash

Serangan balasan Israel terhadap kelompok Houthi di Yaman tidak membuat harga minyak global melonjak, melainkan justru cenderung terkoreksi karena investor lebih mengkhawatirkan pasokan minyak di China.

Pada perdagangan Jumat (19/7/2024) akhir pekan ini, harga minyak terpantau melemah, dengan harga minyak kontrak jenis Brent merosot 2,91% ke US$ 82,63 per barel, sementara harga minyak jenis light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) turun 3,25% menjadi US$ 80,13 per barel.

Selama pekan ini, harga minyak Brent terpantau terkoreksi sebesar 2,82% secara point-to-point (ptp), sementara harga minyak WTI merosot 2,53%.

Sebelumnya, pada Jumat waktu setempat, Israel dikejutkan oleh ledakan di ibu kota Tel Aviv yang belakangan diketahui sebagai serangan drone. Bukan Hamas ataupun Hizbullah yang melakukan serangan tersebut, melainkan kelompok Houthi di Yaman.

Kelompok yang didukung Iran tersebut menyatakan telah mengirimkan drone yang menyebabkan satu orang tewas dan melukai empat orang.

"Pasukan UAV (drone) mereka menyerang salah satu target penting di wilayah pendudukan Jaffa, wilayah yang sekarang disebut Tel Aviv Israel," kata mereka dalam sebuah pernyataan yang dimuat AFP, dikutip Sabtu (20/7/2024).

Hal ini menjadi pukulan besar bagi Israel setelah kejadian serupa pada Oktober 2023. Hamas menyerang Negeri Zionis karena pendudukan yang selama ini dilakukan Israel di wilayah Palestina, yang kemudian mengakibatkan pemerintahan PM Benjamin Netanyahu mengumumkan perang di Gaza.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?