Tampang

Gelombang Panas 'Membakar' di India, Suhu Nyaris 50 Derajat Celsius

29 Mei 2024 20:45 wib. 56
0 0
Gelombang Panas 'Membakar' di India, Suhu Nyaris 50 Derajat Celsius
Sumber foto: google

Ibu kota India, New Delhi, saat ini tengah dilanda oleh panas ekstrem yang mencapai suhu rekor tertinggi, yakni 49,9 derajat Celsius pada Selasa (28/5). Departemen Meteorologi India (India Meteorological Department/IMD) mencatat kondisi gelombang panas yang parah terjadi di wilayah Narela dan Mungeshpur di New Delhi.

Menurut laporan dari AFP, suhu panas ini diperkirakan akan terjadi hingga hari ini (29/5). India memang dikenal sering mengalami suhu panas yang sangat tinggi. Pada bulan Mei 2022 lalu, suhu di beberapa wilayah Delhi bahkan mencapai 49,2 derajat Celsius.

Namun, berdasarkan penelitian selama bertahun-tahun, diketahui bahwa perubahan iklim telah menyebabkan gelombang panas menjadi lebih lama, sering terjadi, dan lebih intens. Pihak berwenang di New Delhi juga telah memperingatkan akan risiko kekeringan karena dampak dari gelombang panas, yang mengakibatkan pasokan air ke beberapa daerah menjadi terhambat.

Menteri Air Atishi Marlena pun mengimbau kepada masyarakat untuk bertindak secara bijak dalam penggunaan air, guna menghadapi kondisi kelangkaan air yang mungkin terjadi. Langkah-langkah telah diambil dengan mengurangi pasokan air dua kali sehari menjadi hanya satu kali sehari di banyak daerah.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%