Tampang

Mie Koclok: Kelezatan Mie Khas Cirebon yang Menggoda Selera

23 Jul 2024 13:39 wib. 80
0 0
Mie Koclok
Sumber foto: Google

Mie koclok adalah salah satu kuliner khas dari Cirebon, Jawa Barat, yang telah menjadi favorit banyak orang karena cita rasanya yang unik dan gurih. Artikel ini akan membahas asal-usul, bahan-bahan, cara membuat, serta keunikan dari mie koclok sebagai bagian dari warisan kuliner Indonesia.

Asal-usul Mie Koclok

Mie koclok memiliki sejarah yang kaya di kota Cirebon, sebuah daerah yang terkenal dengan keberagaman kuliner tradisionalnya. Awalnya, mie koclok dikenal sebagai makanan kaki lima yang populer di pasar-pasar tradisional dan warung-warung di sekitar Cirebon. Namun, seiring dengan popularitasnya yang meningkat, mie koclok kini juga dapat ditemukan di restoran-restoran khusus yang menghidangkan masakan khas Cirebon.

Bahan-bahan Utama

Mie koclok terbuat dari mie kuning yang direbus dengan air kaldu ayam atau sapi hingga lembut. Bahan-bahan lain yang digunakan antara lain adalah daging ayam, jamur kuping, telur rebus, taoge (kecambah), serta daun bawang dan seledri sebagai pelengkapnya. Bumbu koclok yang digunakan terdiri dari bawang merah, bawang putih, merica, kemiri, ketumbar, jahe, serta garam dan gula untuk menyesuaikan rasa.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?