Tampang

G-7 Gelar Pertemuan Darurat Bahas Eskalasi Konflik Israel-Iran

3 Okt 2024 05:28 wib. 44
0 0
G-7 Gelar Pertemuan Darurat Bahas Eskalasi Konflik Israel-Iran
Sumber foto: iStock

Pada Rabu (02/10/2024), Italia telah menggelar pertemuan darurat dengan para pemimpin negara-negara yang tergabung dalam G-7 (Kelompok Tujuh) di tengah meningkatnya ketegangan di Timur Tengah. Dalam pertemuan ini, pemerintahan Giorgia Meloni, yang memegang presidensi G-7 tahun ini, terus menyerukan de-eskalasi militer dan gencatan senjata di wilayah Lebanon dan Gaza. Mattisusun peran diplomatik akan menjadi fokus utama pertemuan dalam upaya meredakan konflik di perbatasan Israel-Lebanon.

Eskalasi konflik terakhir ini telah menimbulkan kekhawatiran internasional akan potensi meluasnya konflik menjadi perang regional di Timur Tengah. Pasca Iran meluncurkan sekitar 200 rudal balistik ke wilayah Israel, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, telah melontarkan janji untuk membalas serangan tersebut. Hal ini menunjukkan adanya potensi memperluas konflik yang dapat mengancam perdamaian di kawasan tersebut.

Sementara itu, partisipasi Italia sebagai tuan rumah menjadi langkah penting dalam mendesak para pemimpin dunia untuk bersatu dalam menangani situasi darurat ini. G-7 sendiri terdiri dari negara-negara maju, yakni Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Jerman, Britania Raya, Prancis, dan Italia. Sebagai tuan rumah pertemuan darurat ini, Italia bertekad untuk memimpin upaya diplomasi guna mencari solusi terbaik dalam meredakan ketegangan di Timur Tengah.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Daun Jambu
0 Suka, 0 Komentar, 6 Jul 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.