Tampang

China Uji Coba Sampel Batu Bata Terbuat dari Tanah Bulan

9 Sep 2024 05:51 wib. 68
0 0
China Uji Coba Sampel Batu Bata Terbuat dari Tanah Bulan
Sumber foto: Unsplash.com

Percobaan ini juga merupakan bagian dari upaya untuk menyiapkan infrastruktur yang lebih solid untuk eksplorasi luar angkasa jangka panjang. Tujuan utama dari pengembangan teknologi konstruksi di luar angkasa adalah untuk memperluas kemungkinan perjalanan antariksa manusia dan memungkinkan manusia untuk dapat tinggal dan bekerja di luar angkasa dengan lebih nyaman dan aman.

Salah satu metode untuk membuat batu bata ini, melibatkan pemanasan bahan tiruan hingga lebih dari 1.000 derajat Celsius dengan menggunakan induksi elektromagnetik dalam tungku sintering. Proses ini menyatukan material menjadi struktur padat, menciptakan batu bata sepanjang 18 sentimeter hanya dalam 10 menit. Teknologi seperti ini pada akhirnya dapat digunakan untuk membangun fasilitas di luar angkasa yang dapat menampung manusia atau digunakan sebagai stasiun penelitian ilmiah.

Peneliti di China menyebutkan peluncuran material ke bulan sangat mahal, jadi menggunakan sumber daya bulan secara lokal dapat mengurangi biaya secara signifikan dan meningkatkan kemungkinan eksplorasi bulan. Hal ini menunjukkan bahwa China serius dalam mengembangkan teknologi eksplorasi luar angkasa yang lebih efisien dan berkelanjutan.

Adapun China berencana membangun pangkalan bulan pada 2030-an mendatang, dikenal sebagai Stasiun Penelitian Bulan Internasional (ILRS). Pengiriman sampel ini adalah bagian dari persiapan negara tersebut menguji bata cetak 3D di bulan. Hal ini menunjukkan bahwa China memiliki tujuan jangka panjang untuk menguasai teknologi konstruksi di luar angkasa, yang akan memberikan dampak besar terhadap kemajuan penjelajahan dan eksplorasi luar angkasa manusia.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?