Tampang

AS Mendalami Kemungkinan Peretasan oleh China terhadap Perusahaan Telekomunikasi Amerika

8 Okt 2024 22:29 wib. 63
0 0
AS Mendalami Kemungkinan Peretasan oleh China terhadap Perusahaan Telekomunikasi Amerika
Sumber foto: iStock

Namun, Liu Pengyu selaku juru bicara Kedutaan Besar China di Washington menegaskan bahwa pihak China dengan tegas menentang dan aktif memerangi serangan serta pencurian dalam dunia maya. Pengyu juga menolak tuduhan dari pihak AS terkait peretasan yang dilakukan oleh pihak China, serta meminta agar pihak AS dapat menyediakan bukti yang lebih jelas terkait tuduhan mereka. Sementara itu, AT&T dan Lumen menolak untuk memberikan komentar terkait dugaan peretasan yang dilakukan oleh pihak China. Sedangkan pihak Verizon tidak memberikan tanggapan terkait permintaan untuk berkomentar.

Sejak tahun 2022, NSA telah mengingatkan bahwa infrastruktur telekomunikasi AS rentan terhadap serangan peretasan yang dilakukan oleh pihak China. Jenderal Haugh menyampaikan peringatan bahwa peretas China sedang berupaya untuk mendapatkan akses awal ke dalam organisasi telekomunikasi dan penyedia layanan jaringan, terutama melalui ketidakamanan pada perangkat seperti beberapa router dari Cisco Systems Inc. Selain itu, pihak peretas juga mencari target yang signifikan untuk disusupi.

Haugh, yang juga merupakan jenderal Angkatan Udara bintang empat sekaligus memimpin Komando Siber AS sejak Februari, menggambarkan China sebagai "ancaman paling menakutkan" dalam dunia maya bagi AS. Pejabat siber AS telah memberikan peringatan sejak tahun sebelumnya bahwa peretas China telah berhasil menyusup ke infrastruktur vital di seluruh negeri. 

Tidak hanya itu, para pejabat juga menyimpulkan bahwa tujuan dari peretasan tersebut adalah untuk menunggu momen yang tepat guna mengganggu layanan-layanan penting seperti pasokan listrik dan air selama krisis di masa depan, yang kemudian akan menghambat respons militer AS.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.